KARYA TULIS ILMIAH ATAU MAKALAH BANJIR " PENGARUH BANJIR DI VILA NUSA INDAH TERHADAP AKTIVITAS, DAN KESEHATAN WARGA DI VILLA NUSA INDAH"



PENGARUH  BANJIR  DI  VILA  NUSA  INDAH  TERHADAP AKTIVITAS, DAN KESEHATAN  WARGA  DI  VILLA  NUSA  INDAH

Oleh:
Primanta Holand Bangun
Paula Effendy
Nevio Samuel Siahaan


SMA Dharma Putra Advent 16, Jalan Raya Kalimalang Nomor 39, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi. Kode Pos 17145
Kata Pengantar
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan karya ilmilah yang berjudul “PENGARUH  BANJIR  DI  VILA  NUSA  INDAH  TERHADAP AKTIVITAS, DAN KESEHATAN  WARGA  DI  VILLA  NUSA  INDAH” dengan lancar.

Dalam pembuatan karya tulis ini, penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada : Guru geografi SMA DPA, yang telah memberikan kesempatan dan memberi fasilitas sehingga karya tulis ini dapat selesai dengan lancar. Mama dan Bapak dirumah yang telah memberikan bantuan materil maupun do’anya, sehingga pembuatan karya tulis ini dapat terselesaikan. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang membantu pembuatan karya tulis ini.

Akhir kata semoga karya tulis ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya, penulis menyadari bahwa dalam pembuatan karya tulis ini masih jauh dari sempurna untuk itu penulis menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. Akhir kata penulis sampaikan terimakasih.

Penulis

DAFTAR ISI



BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Sebagai perumahan yang berada di daratan rendah, Vila Nusa Indah tidak terlepas dari ancaman banjir yang sewaktu-waktu dapat menyerang. Hingga kini banjir pun belum berhenti menyerang Vila Nusa Indah di Perumahan Vila Nusa Indah kini kota Perumahan Vila Nusa Indah telah terkenal dengan perumahan rawan banjir.. Apalagi ketika musim penghujan telah tiba. Oleh karena banjir yang terus menerus melanda sebagian wilayah Walau demikian warga Perumahan Vila Nusa Indah tidak berhenti mencoba menanggulangi banjir di perumahan tempat tinggal Primanta ini.
Sehubungan dengan cara untuk mencoba menanggulangi banjir tersebut, maka berbagai maslah penyebab banjir pun mulai muncul dari masalah sampah, curah hujan yang tinggi, peluapan air yang berlebihan, pecahnya bendungan sungai, serapan air yang buruk, tanggul sungai yang jebol dan pemukiman padat penduduk.
Dengan begitu banyak masalah yang dapat mengakibatkan banjir. Maka objek yang akan di ambil penulis adalah daerah Perumahan Vila Nusa Indah blok C dan A. Daerah tersebut merupakan daerah yang rawan banjir ketika musim penghujan telah datang.
Pentingnya melakukan penulisan untuk membahas penyebab banjir di daerah tersebut, maka penulis tertarik untuk memberi judul dalam makalah ini tentang PENGARUH  BANJIR  DI  VILA  NUSA  INDAH  TERHADAP AKTIVITAS  WARGA  DI  VILLA  NUSA  INDAH

B.  Rumusan Permasalahan


Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalahnya adalah :
1.      Apa yang dimaksud dengan banjir?
2.      Apa dampak yang di timbulkan banjir ?
3.      Mengapa banjir dapat menggenangi Vila Nusa Indah?
4.      Bagaimana cara mengatasi banjir di Perumahan Vila Nusa Indah?

C.  Tujuan Penelitian


1.      Mengetahui makna banjir.
2.      Mengetahui dampak yang di timbulkan banjir.
3.      Mengetahui penyebab banjir dapat menggenangi Vila Nusa Indah.
4.      Mengetahui cara mengatasi banjir di Perumahan Vila Nusa Indah.

D. Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah kita dapat mengetahui penyebab banjir, dan cara – cara menanggulangi banjir.


 

BAB II

LANDASAN TEORI


A. Telaah Pustaka


Banjir merupakan salah satu masalah lingkungan yang sering terjadi di lingkungan daerah sekitar hilir Sungai. Banjir yang terjadi dapat mengakibatkan kerugian. Diakibatkan karena keadaan alur sungai yang belum stabil, bahkan ada beberapa alur yang dipersempit, pendangkalan dasar sungai dan kelongsoran tebing sungai, hal ini mengakibatkan berkurangnya kapasitas sungai untuk menampung air sehinga terjadilah banjir.

B. LANDASAN TEORITIK


Banjir adalah proses alam yang biasa dan merupakan bagian penting dari mekanisme pembentukan dataran di Bumi kita ini. Melalui banjir, muatan sedimen tertransportasikan dari daerah sumbernya di pegunungan atau perbukitan ke daratan yang lebih rendah, sehingga di tempat yang lebih rendah itu terjadi pengendapan dan terbentuklah dataran. Melalui banjir pula muatan sedimen tertransportasi masuk ke laut untuk kemudian diendapkan diendapkan di tepi pantai sehingga terbentuk daratan, atau terus masuk ke laut dan mengendap di dasar laut. Banjir yang terjadi secara alamiah ini sangat ditentukan oleh curah hujan
Perlu benar kita sadari bahwa banjir itu melibatkan air, udara dan bumi. Ketiga hal itu hadir di alam ini dengan mengikuti hukum-hukum alam tertentu yang selalu dipatuhinya. Seperti: air mengalir dari atas ke bawah, apabila air ditampung di suatu tempat dan tempat itu penuh sedang air terus dimasukkan maka air akan meluap, dan sebagainya.

C. Hipotesis.


Banjir menyebabkan diare, penyakit kulit, kurangnya pemasukan, dan kematian.


BAB III

METODOLOGI PENELITIAN


A. Identifikasi Varibel


Variabel Bebas : Curah hujan, dan lain - lain
Variabel Terikat : Tingkat banjir, tingkat kesehatan
Variabel Kontrol : jumlah populasi

B. Populasi dan Penentuan Sampel Penelitian


Populasi penduduk Vila Nusa Indah sekitar 1.000 jiwa. Kami mengambil sampel 500 orang yang terkena banjir, dan 500 orang lainnya yang tidak terkena banjir


c. Metode Pengumpulan Data


Metode yang kami gunakan adalah metode wawancara. Kami langsung mewawancarai penduduk. Dan ternyata, setelah di wawancara mereka mengatakan bahwa banjir terjadi karena tanggul sungai villa nusa indah sering jebol. Kalau tidak jebol, tidak akan banjir. Penyakit yang sering muncul adalah diare.


BAB IV

Analisis Data


A. Latar belakang objek permasalahan.


Sebagai perumahan yang berada di daratan rendah, Vila Nusa Indah tidak terlepas dari ancaman banjir yang sewaktu-waktu dapat menyerang. Hingga kini banjir pun belum berhenti menyerang Vila Nusa Indah di Perumahan Vila Nusa Indah kini kota Perumahan Vila Nusa Indah telah terkenal dengan perumahan rawan banjir

B. Analisis data


Penyakit yang timbul sebagai dampak banjir adalah diare, gatal – gatal, dan sakit perut, dan kurangnya air bersih. Banjir juga mematikan usaha, mendatangkan kerugian pada para pengusaha UKM. Kerugian administratif juga terkadang muncul, seperi kehilangan dokomen, dan sebagainya. Faktor penyebab banjir di Vila Nusa Indah adalah terletak di daerah cekungan, sering menerima banjir kiriman dari bogor, dan tanggul yang rusak. Cara mengatasi banjir di Vila Nusa Indah adalah membangun tanggul yang kuat.



BAB V

PENUTUP


A. Kesimpulan


Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan kesluruhan, khususnya pada daerah Vila Nusa Indah maka kesimpulan yang dapat ditarik oleh penulis adalah sebagai berikut :
1. Daerah  Vila Nusa Indah ini terjadi banjir disebabkan oleh pemukiman padat penduduk, saluran air yang diperkecil, alih fungsi lahan, tidak ada resapan air, dan pembuangan sampah yang liar.
2. Karena daerah ini sering di datangi banjir, maka warga yang menjadi korban banjir yang selalu terkena dampak nya, seperti :
a. Ancaman wabah penyakit
b. Aktivitas masyarak terganggu
c. Ancaman penyakit diare
d. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk
3. Cara mengatasi banjir di daerah Vila Nusa Indah adalah
a. Membuat daerah resapan air yang lebih luas lagi, dan jangan memperkecil saluran air yang sudah ada.
c. Membuat tanggul baik yang permanent atau non permanent disekitar sungai
d. Dan di himbaukan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah pada tempatnya.
e. Jangan mendirikan bangunan di lahan yang memang rawan banjir.

B. Saran – saran


Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis mencoba memberikan masukan yang mungkin dapat berguna bagi penanganan banjir di Daerah Vila Nusa Indah
Sebaiknya seluruh warga membuat musyawarah dalam penanganganan maslah banjir seperti tindakan kesiapsiagaan warga terhadap banjir datang, tindakan yang seharusnya dilakukan di setipa rumah dalam mengatasi banjir datang, penyuluhan tentang kegiatan yang dapat mengurangi resiko banjir, tindakan saat terjadi banjir dan setelah banjir kepada seluruh warga Vila Nusa Indah


 

LAMPIRAN


 



Komentar