Untuk melakukan perubahan, berapa banyak warga negara yang perlu kita edukasi?

Misalkan kita benar-benar ingin negara Indonesia ini bergerak serentak sebagai negara yang memperjuangkan sustainability. Bagaimana menggerakkanya? Untuk membangkitkan awareness dan demand, menurut gw solusi fundamental ada pada sistem edukasi, khususnya pengembangan kurikulum. Banyak faktor yang memengaruhi ekosistem pendidikan dan banyak juga nih orang yang perlu diedukasi. Ratusan juga orang. Hal ini dapat membuat tugas mendidik jutaan anak Indonesia bahkan ratusan warga negara Indonesia terasa 'tidak realistis'.

Mungkin, kita perlu memulai dengan cara memberikan perhatian terhadap segmen populasi yang dapat kita pengaruhi yaitu fokus ke lapisan masyarakat yang lebih sedikit, namun jika berhasil dipengaruhi, mereka dapat memberikan influence kepada lapisan yang lebih besar. Mungkin kita dapat fokus kepada 20% lapisan masyarakat menengah, atau ke subset yang lebih kecil di 3.5%. Sebuah studi dari Harvard mengatakan bahwa, dibutuhkan 3.5% dari masyarakat yang secara aktif berpartisipasi dalam memperjuangkan perubahan yang pada akhirnya dapat membawa perubahan.

Kalau kita fokus ke 3.5% ini, ini bisa berperan sebagai titik awal, menghilangkan alasan bahwa kita tidak punya cukup resource untuk memengaruhi 100%, karena toh yang kita perlu fokuskan adalah meng-edukasi 3.5% masyarakat dahulu. Kenapa kita tidak fokus ke yang mayoritas? Karena mereka masih banyak masalah lain yang lebih basic yang dihadapi, misal masih memusingkan bagaimana cara menyediakan makanan di meja, dan masalah lain yang mendasar. Coba kita lihat sejarah Indonesia. 1998, 1965, 1945, 1928, 1908, kebangkitan nasional selalu dimulai dari kelas terpelajar. Makanya kalau middle class sudah mulai peka, itu sudah langkah yang besar. 

Intinya, kita harus ngubah pola pikir 3.5% orang. Kita coba replace hiburan-hiburan yang sering mereka konsumsi, dengan konten-konten seputar isu-isu yang kita sedang perjuangkan. Kita coba replace dopamin-dopamin mereka dengan substansi yang menggugah. Agar apa? Agar saat mereka nongkrong, mereka akhirnya bakal ngomongin kebijakan, ngomongin apa yang bisa mereka lakukan utk mendorong perubahan.

Edukasi dulu 10 juta orang, untuk menggerakkan 270 orang.

Komentar