Bersyukur


Hallo Rekan-rekan sekalian, kali ini Saya akan menerangkan Arti kata Bersyukur Menurut Alkitabyang merupakan hasil kajian dari akar kata bahasa Ibrani kuno, dan semoga ini berguna dan menjadi berkat bagi Anda semua.

Bersyukur
Kata bersyukur merupakan terjemahan dari kata yadah (yod-qames-dalet-qames-he) dalam bahasa Ibrani. Dalam definisi berbahasa Inggris, kata Ibrani yadah tersebut memiliki banyak terjemahan selain bersyukur atau memuji, seperti: melempar, meruntuhkan, menjatuhkan, menembak, mengaku, dan memberi terima kasih.
Apa arti kata bersyukur tersebut ditinjau dari tulisan Ibrani kuno ? Untuk mengetahui makna kata itu, kita dapat menelusurinya dari akar katanya. Akar induk kata yadah adalah y-d (yod-dalet), yang dalam tulisan Ibrani kuno berupa gambar (piktograf) tangan dan pintu.
Tangan adalah bagian tubuh yang memampukan seseorang melakukan banyak pekerjaan. Sedangkan pintu adalah bagian tenda yang memungkinkan penghuninya bergerak keluar-masuk tenda. Dengan demikian gabungan dua gambar tersebut berarti tangan bergerak.
Kata bersyukur banyak digunakan dalam Kitab Mazmur dalam beragam kaitan. Pemazmur mengaitkannya dengan alasan iabersyukur, seperti: karena keadilan (7:17), pertolongan (28:7; 43:5), keajaiban perbuatan (9:1; 75:2; 107:8), dan kasih setia Tuhan (107:8).
Namun, pemazmur juga menghubungkannya dengan suatu tindakan untuk bersyukur tersebut. Misalnya: Mazmur 9:1, Daud menghubungkan rasa syukurnya dengan menceritakan segala perbuatan Allah yang ajaib. Mazmur 28:7, ia bersyukur dengan nyanyian kepada Tuhan. Dalam Mazmur 43:4 pemazmur bersyukurdengan alat musik kecapi. Sedangkan pasal 118:28, pemazmur maubersyukur kepada Allah dengan meninggikan Dia.
Kata bersyukur berkaitan dengan tindakan seseorang kepada Allah karena alasan-alasan yang jelas dari pihak Allah. Dengan maknabersyukur adalah tangan bergerak atau bekerja, bukankah hal ini memperjelas kita bahwa ungkapan bersyukur kepada Allah harus diwujudkan dengan bekerja atau dengan Perbuatan ?
Marilah kita bersyukur kepada Tuhan dengan bekerja supaya Tuhan Anda dimuliakan !
Apakah informasi Bersyukur diatas bermanfaat bagi Anda semua ? Bila dari Anda semua ada yang ingin menambahkan, Saya tunggu komentarnya.

Terimakasih.

Komentar