BIOTEKNOLOGI PANGAN

http://cdn.zmescience.com/wp-content/uploads/2013/09/tomtato.jpg BIOTEKNOLOGI
PANGAN





Primanta Holand Bangun




Sekapur Sirih…
Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan karena atas berkat dan kasih karunia-Nya lah saya dapat menyusun rangkuman ini.
Saya juga berterimakasih kepada kedua orang tua saya yang mendukung saya dalam belajar.
Dan tidak lupa juga kepada ma’am deasy yang telah dengan sabar mengajari saya dan dengan murah hati memberikan kesempatan kepada saya untuk menambah nilai saya 10 poin.
Kiranya rangkuman yang telah saya buat ini dapat berkenan di hati Ma’am dan mendapat nilai lebih.. J
Terimakasih Tuhan memberkati J
-Primanta Holand Bangun

A. BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL DAN MODREN

Konvensional : Tempe, tapai (tape)
Biasanya diwariskan secara turun temurun tanpa mengetahui prinsip ilmiahnya
Modren               : Telah dipelajari oleh ahli

“Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip2 ilmiah dalam menggunakan organisme untuk menghasilkan produk dan jasa guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.”

B. PEMANFAATAN MIKROORGANISME
            Makanan dan minuman yang dihasilkan dari pemanfaatan jamur dan             bakteri : tempe, tapai, oncom, yoghurt, kecap, keju, roti, nata de coco,     cuka, brem bali, tuak
1.   Penghasil Bahan Makanan dan Minuman
a.      Jamur Neurspora sitophilia pada oncom : menghasilkan warna merah
b.     Ragi Saccharomyses : untuk proses fermentasi
c.      Bakteri asam cuka “Acetobacter” : memproduksi asam cuka
                                                    
2.   Penghasil Protein Sel Tunggal
Protein yang dihasilkan oleh mikroorganisme

a.     Bakteri Methylophillus methylotropus
Memiliki kandungan asam inti yang tinggi, digunakan sebagai makanan ternak



b.    Alga Hijau Chlorella
Menghasilkan protein untuk obat bagi manusia.

3.   Meningkatkan Produksi Pertanian
Bakteri rhizobium membuat tanaman kacang polong mendapat popuk gratis dari udara karena bakteri ini dapat menambat nitrogen dari udara.

C.  KULTUR JARINGAN
Kultur jaringan adalah memelihara suatu jaringan dalam medium khusus yang steril untuk perbanyakan tumbuhan dengan sifat identic

D.HIDROPONIK
Hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah sebagai media tanamnya.  Media yang digunakan berupa genting, pasir, kerikil, kertas yang siram larutan berisi nutrient yang diperlukan Tumbuhan. Keuntungannya hidroponik adalah tanaman bebas dari hama dan penyakit, tanaman tumbuh lebih cepat, dan pemakaian pupuk lebih hemat

E.  AEROPONIK
Aeroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanam. Keuntungannya adalah mempercepat metabolisme tumbuhan, air dan pupuk dapat dihemat.


F.   REKAYASA GENETIKA
Rekayasa genetika adalah perilaku mengubah2 gen makhluk hidup.

1.   Rekombinasi DNA
Gen merupakan sepenggal DNA yang menentukan sifat. Menyambung DNA dilakukan untuk memasukkan gen kedalam sasaran, agar sel sasaran ini mendapat sifat baru. Proses penyambungan DNA ini disebut rekombinasi DNA.

2.   Fusi Sel
Fusi Sel adalah peleburan dua sel berbeda agar diperoleh yang baru yang memiliki sifat kedua sel induknya. Para Ahli di Amerika telah berhasil memfusikan tanaman sel tomat dengan sel tanaman kentang. Sel2 hasil fusi itu disebut hibridoma. Hibridoma yang terbentuk ditanam, menghasilkan tanaman baru yang disebut tanaman pomato (pomato and tomato)

G.DAMPAK BIOTEKNOLOGI PANGAN
Dampak Positif bioteknologi pangan adalah peningkatan produksi dan mutu bahan pangan akan tetapi ada penolakan dari sebagian masyarakat karena menganggap bioteknologi menentang kodrat alam dan hasilnya belum cukup teruji. Dampak negatif bioteknologi belum terungkap.



Komentar