KISI KISI UJIAN SEKOLAH SMP KELAS 9
Faktor penyebab terjadinya gempa
bumi à
Tektonik à
Dislokasi akibat pergeseran lapisan bumi
Vulkanik à
Aktifitas gunung api
Runtuhan à
Runtuhnya atap gua atau terowongan tambang di bawah tanah
(disusun oleh Primanta Holand Peranginangin Bangun)
·
Bentuk bentuk interaksi social
yang asosiatif à
Kerjasama à Kerukunan
Tawar
menawar
Kooptasi
Koalisi
Joint-venture
Akomodasi à Paksaan
Kompromi
Arbitasi
Mediasi
Konsiliasi
Toleransi
Saling
tidak bereaksi (stalemate)
Penyelesaian
pengadilan (adjudication)
Asimilasi
Akulturasi
·
Kebutuhan manusia à Kebutuhan bersama/berkomunikasi dengan sesame
Keteraturan
social & control social
Kebutuhah
pendidikan
Pelayanan
kesehatan
Keamanan
·
Motif Ekonomi à
Motif intrinsic à
Keinginan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dengan kesadaran sendiri
Motif ekstrinsik à
Keinginan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari dorongan orang lain
Motif ekonomi dalam berbagai
tindakan manusia à
Motif ekonomi untuk memenuhi
kebutuhan sendiri à
Keinginan yg dimiliki oleh
individu untuk memebuhi kebutuhan hidupnya
Motif ekonomi untuk memperoleh
penghargaan à
Keinginan seseorang selain ingin
memperoleh keuntungan, juga ingin dihargai atau dihormati orang lain
Motif ekonomi untuk memperoleh
kekuasaan à
Keinginan seseorang ditujukan
untuk memperoleh kekuasaan dalam masyarakat khusunya dalam bidang ekonomi
Motif ekonomi untuk social à
Keinginan seseorang dengan
tujuan memperoleh pendapatan, kemudian sebagian pendapatannya diberikan untuk
menolong sesame manusia dengan tulus ikhlas.
·
Unsur unsur cuaca à
Suhu udara (temperature udara)
Lengas atau kelembapan udara
Kelembaban relative/nisbi
Curah hujan
Angin
Tekanan udara
Penyinaran matahari
·
Ciri2 peninggalan kerajaan islam
di Indonesia. PKn 7 sem 2 hal 154 – 155 à
masjid, keratin, nisan, kaligrafi, sastra
·
Masa pemerintahan portugis di
Indonesia
Malaka (Indo barat)à
1151 (Albuquerque) – 1641
Maluku à
1512 – 1605
Timor Timur à
1662 – 1975
·
Penggunaan lahan pedesaan
Ekonomi à Pertanian produktif
Perkebunan,
peternakan, dan perikanan
Penebangan
kayu di hutan yang umumnya dilakukan di luar perkampungan
Sosial à Permukiman
Prasana
lembaga pendidikan dan beribadah
Objek
wisata atau tempat rekreasi
Prasarana
olahraga
Penggunaan lahan perkotaan
Ekonomi à Industri besar
Pusat
pemerintahan dan perniagaan
Pusat
aktifitas jasa
Objek
wisata yang bersifat rekreasi
Sosial à Pemukiman penduduk yang padat
Prasana
lembaga pendidikan dan beribadah
Taman
kota untuk bermain
Prasarana
olahraga bertaraf internasional
·
·
Faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan penduduk
kelahiran
(natalitas)
kematian
(mortalitas)
perpindahan
penduduk (migrasi).
·
Politik etis vanDeventer à
Irigasi à (pengairan), membangun dan memperbaiki
pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
Emigrasi à mengajak penduduk untuk bertransmigrasi
Edukasi à memperluas dalam bidang pengajaran dan
pendidikan
·
Preventif = Sebelum penyimpangan
sosial, dengan cara diredam/dicegah
Represif = Saat penyimpangan
sosial, dengan cara dihentikan.
Kuratif = Setelah terjadi
penyimpangan sosial, dengan cara memberikan penyadaran.
·
Faktor penyebab kelangkaan
sumber daya alam
Keterbatasan sumber daya
Perbedaan letak geografis
Pertambahan jumlah penduduk
Keterbatasan kemampuan produksi
Bencana alam
Keserakahan manusia
·
Peran orang tua
IPS 8 sem 1 hal185 – 186
·
Pasar IPS 8 hal 227
·
Relief daratan dan lautan IPS 9
sem 1 hal 12
·
Daftar asean IPS 9 sem 2 hal 27
·
Letak kawasan Asean IPS 9 sem 2
hall 23
·
Faktor2 pendorong &
penghambat social budaya IPS 9 sem 1 hal 184
·
Contoh2 pengaruh globalisasi IPS
9 sem 2 hal 227 – 229
·
Penyimpangan orde baru
1. Terjadi pemusatan kekuasaan
di tangan Presiden, sehingga pemerintahan
dijalankan secara otoriter.
2. Berbagai lembaga kenegaraan
tidak berfungsi sebagaimana mestinya, hanya
melayani keinginan pemerintah
(Presiden).
3. Pemilu dilaksanakan secara
tidak demokratis; pemilu hanya menjadi sarana untuk mengukuhkan kekuasaan Presiden,
sehingga presiden terus menenrus dipilih kembali.
4. Terjadi monopoli penafsiran
Pancasila; Pancasila ditafsirkan sesuai keinginan
pemerintah untuk membenarkan
tindakan-tindakannya.
5. Pembatasan hak-hak politik
rakyat, seperti hak berserikat, berkumpul dan
berpendapat.
6. Pemerintah campur tangan
terhadap kekuasaan kehakiman, sehingga kekuasaan
kehakiman tidak merdeka.
7. Pembentukan lembaga-lembaga
yang tidak terdapat dalam konstitusi, yaitu
Kopkamtib yang kemudian menjadi
Bakorstanas.
8. Terjadi Korupsi Kolusi
Nepotisme (KKN) yang luar biasa parahnya sehingga
merusak segala aspek kehidupan,
dan berakibat pada terjadinya krisis multidimensi.
·
Faktor Pendorong Terjadinya
Reformasi
·
1) Faktor politik meliputi
hal-hal berikut.
·
a) Adanya KKN (Korupsi, Kolusi,
dan Nepotisme) dalam kehidupan pemerintahan.
·
b) Adanya rasa tidak percaya
kepada pemerintah Orba yang penuh dengan nepotisme dan kronisme serta
merajalelanya korupsi.
·
c) Kekuasaan Orba di bawah
Soeharto otoriter tertutup.
·
d) Adanya keinginan
demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
·
e) Mahasiswa menginginkan
perubahan.
-
·
2) Faktor ekonomi, meliputi
hal-hal berikut.
·
a) Adanya krisis mata uang
rupiah.
·
b) Naiknya harga barang-barang
kebutuhan masyarakat.
·
c) Sulitnya mendapatkan barang-barang
kebutuhan pokok.
·
3) Faktor sosial masyarakat :
adanya kerusuhan tanggal 13 dan 14 Mei 1998 yang melumpuhkan perekonomian
rakyat.
·
4) Faktor hukum : belum adanya
keadilan dalam perlakuan hukum yang sama di antara warga negara.
·
Peran Indonesia dalam beberapa
kerjasama internasional IPS 9 sem 2 194 – 207
·
Negara maju & berkembang IPS
9 sem 1 hal 3
·
Penyebab khusus perang dunia 2
asia pasifik IPS 9 sem 1 Hal 77
·
Usaha2 usaha mempertahankan
kemerdekaan Indonesia secara diplomasi IPS 9 sem 1 hal 112 – 123
·
Momentum kedaulatan ris oleh
belanda IPS sem 1 hal 122 - 123
·
Dasar hokum di berlakukannya
kembali UUD 1945 à IPS 9 sem 1 hal 156
·
Syarat2 uang IPS 9 sem 1 hal 203
– 204
·
Fungsi uang IPS 9 sem 1 hal 204
- 206
·
Jenis bank IPS 9 sem 1 hal 216 –
218
·
Komentar
Posting Komentar