TIPS & TRIK SBMPTN dan Ujian Mandiri PTN



Primanta Bangun, STEI ITB 2017.

Halo teman2 kembali lagi bersama saya disini Primanta Bangun. Saya adalah Mahasiswa semester 2 di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB angkatan 2017.

logo angkatan stei 17


Banyak teman2 saya yang masih SMA nanya ke saya “gimana sih tipsnya dalam menghadapi SBMPTN?”. Nih yaa menurut saya, sejujurnya, untuk menghadapi ujian SBMPTN atau Ujian Tes Seleksi manapun itu sebenarnya tidak bisa hanya sekedar tips, melainkan kita butuh langkah-langkah yang konkrit yang nantinya dapat kita lakukan untuk mempersiapkan SBMPTNnya.
Buat kamu yang masih SMA atau Alumni yang mau ikut SBMPTN lagi, cocok banget nih baca artikel ini.

Langkah Mempersiapkan diri untuk SBMPTN – Ala Prima Bangun

1.       Ikutilah bimbingan belajar (tapi ini optional)
Saya dulu ikut belajar di sebuah tempat bimbel, nah biasanya kalau kamu ikut bimbel, mereka sudah punya sistem belajar sendiri yang nantinya bisa membantu kamu mempersiapkan SBMPTN. Ada tryoutnya, ada pemaparan materinya, bisa konsultasi ke gurunya langsung dan hal-hal lain lagi. Jadi, yang perlu kamu lakukan sih sebenarnya tinggal latihan soal aja dengan rajin.

2.       Gausah ikut bimbingan belajar (kalau memang kondisi keuangan tidak memungkinkan)
Lagi pula lebih keren bisa masuk PTN top tanpa bimbel kan daripada harus bimbel. Anti bimbel bimbel club. (Padahal saya dulu bimbel wkwk)

Terus buat temen2 yang ga ikut bimbel gimana? Nah saya punya LANGKAH-LANGKAH nih buat temen2 yang ga ikut bimbel. Saya dulu dilarang KERAS sama bapak saya untuk ikut bimbel, dan juga bapak saya selalu bilang “Kamu pasti bisa masuk PTN tanpa ikut bimbel”. Namun saya tidak percaya diri dan akhirnya mendaftarkan diri saya ke bimbel tersebut. Dan akhirnya di tengah2 bimbel saya pun mengetahui mengenai metode belajar sperti ini, dan saya jadi males bimbel karena metode belajar yang saya lakukan ini lebih cocok buat saya. Tapi, saya bersyukur juga sih ikut bimbel, karena saya disana bisa ketemu temen2 baru dan belajar bersama. Belajar itu menyenangkan.

Langkah2 yang saya tulis ini merupakan pemikiran saya ditambah hal-hal yang saya dapatkan dari blog ZENIUS.NET


zenius gatheringg 
can you spot me?


Jadi gini langkah-langkahnya

Langkah Mempersiapkan diri untuk SBMPTN – dijamin (kalau Tuhan berkehendak) 100% LULUS PTN FAVORIT.
Makanya baca baik2 yah. Ini adalah cara saya yang benar2 saya lakukan.

1.       Beli buku Campuran soal + Buku Latihan soal per bab

Buku campuran soal itu ya isinya soal2 SBMPTN yang sudah dicampur (soal yang sudah dipaket2in). Biasanya buku ini banyak BANGET dijual di gramedia. Dan pengalaman saya pribadi, temen2 saya pada ngerjain buku ini. Tapi FYI, ngerjain soal2 dari buku ini gaakan bikin kita tambah jago dalam bersbmptn. Lah trus kenapa lu suruh beli bang?..  Eitss,, nanti ada alasannya.
Merk yang saya tau (dan saya pernah pake adalah C MEDIA)

Buku soal soal per bab itu ya buku yang isinya soal2 perbab. Nah dibimbel kalian pasti bakal dapet nih buku begini. Atau, bisa pake buku wangsit. Sebenernya saya kurang suka sih ngerjain buku soal per bab dari bimbel karena gaaada pembahasannya euy. Kalau mau nanya bener atau salah, harus tanya guru, dan kasihan nanti guru bimbelnya capek kan. Makanya pake buku wangsit aja. Merk2 buku yg saya tau adalah wangsit dan exgen.

2.       Coba kerjain 1 paket soal dari Buku Soal Campuran.
Disini saya suruh kalian kerjain biar kalian tau aja gitu gimana sih rasanya soal SBMPTN tersebut. Oh ya, kalian kerjainnya disimulasiin kayak SBMPTN beneran yah. Kamu print LJKnya, kamu bikin timernya sesuai dengan SBMPTN asli. Biar kerasa gitu SBMPTNnya.
Baru deh setelah kamu kerjain, kamu hitung berapa % sih score yang kamu dapat.


buku soal campuran

buku soal per bab

3.       Daftarin semua bab materi SBMPTN semua mata pelajaran
ini penting biar kamu kebayang ada berapa bab sih jumlah yang harus kamu pelajarin, kalau gak salah sih ada 100 lebih bab.

4.       Bikin Jadwal belajar
Jadwal belajar ini penting penting banget (menurut saya) biar kamu tuh punya panduan hari ini belajar apa besok belajar apa. Kalau saya dulu  sih bikin jadwal pelajaran 1 hari bisa ngehabisin 2 bab. Dan tiap hari itu beda2 mata pelajaran biar gak bosen kan belajar mapel it u terus.. Jadi, list bab yang udah aku tulis di poin 3, itu aku masukkin ke jadwal. Tiada hari tanpa belajar kalau dulu saya mah. saya bikin jadwal itu sekitar 17 minggu sebelum pelaksanaan SBMPTN 2017. Terus kalau babnya sudah habis, maka akan saya masukkan lagi bab2nya. Oh iya bikin jadwalnya dari bab yang paling awal di SMA yah. Biar urutan belajarnya. Gak boleh loncat2 babnya. Mana bisa kalian ngerjain dengan lancar mapel kelas 3 SMA kalau materi kelas 10 nya belum bener2 ngerti. Mana bisa ngerjain mapel kelas 10 lancar kalau mapel SMP belum bener2 ngerti. GIle lu kak masa gw belajar smp lagi. Ya sorry to say yah. Itu emang berat kelihatannya, but if you want to be great, you have to pay the price.

5.       Ya Belajar Materi
Nah buat belajranya sendiri kalau saya sih, pertama2 bakal nonton materi dari ZENIUS sesuai yang ada di jadwal aku itu. Materinya saya catet. (walaupun bang sabda gak saranin nyatet sih hehe). Dan juga ada beberapa yang aku screenshot dan print.
siapa yang gak semangat kalau tutor belajar zeniusnya kayak gini? Kak Wilona,


6.       Kerjain soal-soal per bab
Setelah kalian belajar bab tersebut, kerjain lah soal di bab tersebut. Ini penting banget yah.
Nah untuk soal yang kalian ngerasa susah, kamu tandai soalnya (pake stabilo). Kerjain dulu soalnya baru liat kunjawnya kalau saya, Jikalau salah, maka saya akan coba pelajari itu pembahasannya. Jikalau tetap gak ngerti juga, ya saya salin aja deh kunjawnya. Nah minggu depannya coba saya kerjain lagi soal yang udah ditandai itu.

masuk testimoni wangsit

7.       Tryout mandiri
Buat kamu yang ikut bimbel enak nih, kan ada tryoutnya yang bulanan. Dulu yah pas tryout saya yang pertama dan kedua di bimbel itu bener2 grogi banget karena soal2nya susah ditambah lagi waktunya yang singkat ☹ . cuman karena sering TO (baik di bimbel maupun TO mandiri, saya jadi rileks). Buat yang gak bimbel, harus ikut tryout juga lah. Gimana cara tryoutnya? Caranya sama kayak di point 1. Kamu kerjain 1 paket soal. Itulah fungsi buku soal campuran. BUKU ITU FUNGSINYA BUKAN BUAT LATIHAN SOAL. TAPI HANYA SEBAGAI ALAT UNTUK MENGEVALUASI SEJAUH MANA PEMAHAMAN KAMU TERHADAP SOAL2 YANG DIBERIKAN. Ngerjain buku soal buku campuran gaakan bikin kamu tambah jago. Inget ini. Yang akan bikin kamu jago adalah berdeliberate practice dengan buku soal per bab.

8.       Ulangilah langkah dari nomor 5 6 7 8, 5 6 7 8 truss ulangii
Ulang2i aja terus sampai H-7 SBMPTN.. itu waktunya rileks.

Nah ini baru yang bisa dibilang tips
TIPS SBMPTN ala PRIMANTA

1.       FOKUS
Dari tahun ke tahun masuk PTN itu makin gampang. Kenapa? Karena banyak anak SMA yang katanya mau masuk PTN Favorit tapi malah makin ketagihan main HP dan game dan pacaran dan jadinya kekurangan waktu belajar. Nah jadi ini kesempatan emas buat kamu karena saingan kamu makin berkurang dong. Perlu focus . focus focus focus.

Dulu saya pas persiapan SBMPTN ngehapus/deaktivasi social media kayak Instagram, facebook, twitter. Gapapa lah puasa dulu biar pikiran focus. Pas pengumuman SBMPTN, saya muncul lagi di Instagram wkwk dan di bionya udah ada tulisan STEI ITB 2017. Wkwk.

Oh iya dulu saya sebenernya udah belajar sangat keras tapi karena saya belum focus, akhirnya nilai TO saya hanya 30%-an, tapi stelah saya FOKUS, bisa nyampe 58% lebih loh guys. Itulah pentingnya focus.


2.       Datengin kampus tujuan kamu
Dateng lahhh,, biar kamu makin termotivasi buat belajar. Saya dulu dateng ke acara AKU MASUK ITB : ITB DAY. Dan disana saya beli hoodie ITB, kemana2 saya pake itu hoodie, bahkan disekolah saya pake WKWK. Kepedean bgt yak. Maklum disekolah saya pada waktu itu sudah lebih dari 10 tahun sejak berdiri, belum ada 1 pun muridnya yang bisa tembus masuk ITB. Semoga adik kelas saya nanti bisa banyak yang masuk ITB. Aaaminnn 

Andre (T. Industri - U.Gunadarma), Saya, Joseph (Akutansi - U. Advent Indoneisa), Mario (Ilmu Hukum U. Brawijaya).
Ini foto kami pas ada campus Expo.
pas ITB DAY
3.       Tanya-tanya ke yang sudah masuk PTN gimana cara belajarnya (apa lagi  PTN idaman kamu)
Dulu saya iseng2 aja tanya salah seorang mahasiswi di ITB melalui Instagram (pake Instagram adek saya) mengenai cara belajar masuk ITB dan sebagainya. Dan akhinya sampe skarang saya jadi temenan sama dia.

4.       Download aplikasi countdown hari
Biar kamu tau setiap hari, "ini udah H min berapa SBMPTN yah?'. Gitu.

TIPS yang harus dilakukan
1.        Kamu perlu berserah kepada Tuhan. Jikalau kamu memang tidak diizinkan Tuhan untuk masuk PTN, ya gapapa. Toh juga kalau mau sukses ga perlu dari PTN. Dulu saya lebih parah dari ini bahkan. Bahkan saya hanya mau masuk ITB TITIK. Gile gile parah banget. Jangan dicontoh ya guys. Untungnya bapak saya selalu mendoakan saya agar bisa berserah. (Akhirnya saya pun bisa berserah kepada Tuhan dan saya jadi daftar juga ujian mandiri UGM. Kalau gak lolos ITB kan bisa ke UGM, kalau gak lolos UGM juga bisa nyari PTN atau PTS lain. Walaupun akhirnya saya lolos di Elektro UGM tapi gak saya ambil karena UGM PANAS). Untungnya Tuhan berbaik hati meloloskan saya di ITB, kalau saya tadinya gak berserah, mungkin gak akan diloloskan Tuhan di PT manapun, itulah pentingnya berserah.



2.       Jangan kebanyakan belajar. Inget juga untuk ibadah. Membina Hubungan Pribadi dengan Tuhan itu yang utama di dalam hidup ini.
Gereja Advent NARIPAN

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Semoga kamu bisa lolos ujian masuk SBMPTN 2018.
Kalau ada pertanyaan atau saran postingan, kamu bisa tanyakan ke saya.
LINE : primantaholand
WA : 081282743101
Teman teman saya pas SMA.
Renaldi (Manajemen - U. Gunadarma), Joel (T. Informatika - President U.), Saya, Sarah (Farmasi - U. Sumatera Utara), Mario (Calon pengacara)


"Kamu harus sanggup belajar secara rutin dan sering. Berat sih, but if you want to be great, you have to pay the price,"

Komentar